Thursday, February 5, 2009

Perjalanan menuju Pesta Blogger 2009 di Tulungagung


Pesta pelajar 2009 di tulungagung sudah berakhir. Acara yang sudah digembar - gemborkan sejak akhir tahun lalu inipun sudah berakhir, dengan hasil manis ;). Blog yang saya dafarakan ternyata dinobatkan menjadi yang nomor wahid di ajang kompetisi blog untuk pelajar SMP, SMA, dan SMK, se Tulungagung dan Trenggalek!.

Saya sebetulnya tidak sengaja menemukan event ini. Waktu itu saya baru saja pulang dari Madiun untuk mengambil hadiah Juara II Lomba Karya TUlis :).Sesampai dirumah, saya iseng - iseng masuk ke google terus ngetik keyword pesta pelajar tulungagung.
Ternyata keisengan saya ini berbuah result link pesta pelajar 2009 di tulungagung:).

Awalnya saya kaget melihat event ini, soalnya event seperti ini kelihatannya baru pertama kali diselenggarakan di kota tercinta ini :).Hal lain yang membuat saya cukup kaget adalah situs milik panitia yang menggunakan penyedia layanan blog gratisan (blogspot.com). Dan juga tampilannya yang ..... mmm sangat standart untuk tingkat panitia kontes blog :)
Waktu saya pertama kali membuka situsnya panitia, pesertanya baru ada 10 (sampai kemudian membludak menjadi 790 an blog). Maklumlah, baru diumumkan. Dan mayoritas menggunakan layanan blogspot, tapi ada 1 yang menggunakan WP, yaitu abidfamasya (kalau tidak salah ini anak SMPN 1 Trenggalek yang juga ikut lomba di webblog JOTA - JOTI). Lalu langsung terbersit dipikiran saya untuk tampil beda ;). ide yang muncul saat itu adalah : tidak menggunakan blogspot, wordpress, ataupun layanan sejenis!

Lalu saya mempertimbangkan untuk menggunakan :
1. Joomla!
2. AuraCMS
3. Druppal
4. Bikin dari nol.... (nulis script sendriri....)

Pertimbangan lainnya:
1.Menggunakan Hosting gratisan...(maklum anak SMA yang ga' punya modal..)
. Setelah saya milih - milih, akhirnya pilihan saya jatuh ke hostingan yang satu ini, http://phpnet.us.

2.Bikin Blognya dirumah (menggunakan local server). Kalau sudak jadi, baru diupload.
3.Membuat sesuatu yang terfokus


Berikut penjelasannya,
1. Joomla!
Jujur saya memang seorang Joomla Maniac (penggemar berat Joomla maksudnya..). Tapi saya mikir, kalau saya make Joomla yang file instalationnya lumayan gede, dan juga komponent - komponentnya lumayan gede, pasti nanti blog saya nanti bakalan lelet. Apalagi saya nanti akan menggunakan jasa hosting gratis :).Akhirnya saya tidak putuskan untuk tidak menggunakan joomla.
2. AuraCMS
Nah ini dia!. CMS lokal buatan Bang Iwan Susantyo dkk ini memang secara tampilan memang ciamik. File installationnya pun relatif kecil. Tapi kekurangannya, CMS ini masih sedikit "manual". Contohnya waktu ingin menambahkan Menu di bagian "Top Menu", harus ngedit file - file php nya.
3. Druppal
CMS yang satu ini masih belum sempat saya pelajari. Saya masih sangat awam tentang Druppal. Ada yang bisa membantu?
4. Bikin dari Nol?? wah rasanya masih susah. Soalnyanya saya belum mahir mahir amat soal php. Jadi saya tidak membuat dari nol.....
Dan pilihan saya jatuh ke auraCMS!
Setelah proses building selama kurang lebih satu minggu, akhirnya AuraCMS saya jadi juga. Langsung saya upload ke phpnet.us menggunakan software ftp server smartftp. Tralala..!! Blog sayapun (http://pandawa.phpnet.us) akhirnya jadi juga. Berhubung panitia lomba ini mengharuskan membuat tim, maka saya harus mencari partner. Dan saya memilih 4 orang lagi sebagai partner. Kebetulan kelimanya adalah cowok, maka saya namakan tim kami ini dengan nama PANDAWA SMANDUONE. Dalam adat jawa Pandawa adalah sebutan bagi 5 anak yang keseluruhannya adalah laki - laki. SMANDUONE sendiri adalah sekolah kami, SMA Negeri 1 Durenan.
Tapi dengan beberapa perimbangan, akhirnya saya merubah susunan pandawa. 2 Orang saya "pindahkan" (maaf ya...). Sebagai gantinya saya memilih 2 orang cewek masuk ke dalam tim.
Dan setiap ada artikel baru, kami selalu memposting. Baik itu opini, maupun ilmu pengetahuan. Akhirnya perdjoengan saya dan teman - teman pu ini berbuah manis...^_^

3 comments:

  1. emm... love this text.

    ReplyDelete
  2. revision popularity extn rogozhina streets danish violation whats ukou belkin pmprbs
    lolikneri havaqatsu

    ReplyDelete
  3. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan.............